Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Belanja Online yang Aman ....caranya ?

Pertanyaan demikian biasanya pasti pernah ada di benak kita yang mau membeli barang secara online, terlebih bagi mereka yang merupakan "pemain pemula" (orang yang baru menngunakan internet sebagai media berbelanja).
Dari beberapa pengalaman yang pernah di lakukan penulis , saat berbelanja Online, baik untuk kepentingan pribadi maupun belanja kebutuhan kantor, ada beberapa trik / cara mengetahui berbelanja online yang aman, nyaman, dan tidak merugikan dari sisi pembeli. di antaranya ciri-ciri adalah :

1. Sebaiknya belanja OnLine pembeli mencari penjual yang menyediakan menyediakan fasilitas REKBER. (rekening bersama). ini bisa di pastikan aman 100%.
2. Lacak No HP penjual di google, jika no HP tetap tidak berubah-ubah, potensi / kecenderungan Jujur lebih dominan. Sebaliknya jika No HP sering berubah rubah ....waspada....waspada...waspada.
3. Harga yang di tawarkan tidak terlalu jauh, kecuali memang barang BM.
4. Kumpulkan Informasi barang sebanyak mungkin, cek beberapa web sebagai perbandingan
5. Mencari tahu REPUTASI Toko apakah abal-abal atau tidak, salah satunya dengan cara mengetahui testemoni / ataupun komentar2 pembeli barang sebelumnya.

CONTOH CARA POSITIF berbelanja ONLINE :
Saya, pernah membeli sebuah barang (berupa HP), syukur alhamdulillah HP sampai sekarang (saat menulis)  masih dalam konsidi BAIK dan berfungsi dengan lancar, padahal HP ini termasuk kategori BM an.
LALU pernah  saya mendapat pertanyaan dari seorang pembeli lain yang menanyakan tentang kondisi dan keadaan barang yang saya tersebut. untuk jelasnya coba lihat tanya-jawab di bawah ini :



Dari percakapan di atas dia berusaha mencari tahu bagaimana, setidaknya ada 2 hal yang dia ingin gali dari saya :
1. Menanyakan Kondisi Barang yang saya beli dari toko,
2. Dia menggali informasi tentang penjual.


Demikian tips singkat bagaimana cara berbelanja secara Online bagi pemula,....semoga tulisan baermanfaat dan mohon untuk di koreksi atau di tambahkan pada kolom komentar. thanks

0 komentar:

Post a Comment

SIlakan Masukan Komentar Anda Pada Tulisan Ini, dan terimakasih atas komentarnya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More